Rabu, 18 Mei 2016

Tips Melatih Anak agar Hidup Mandiri Sesuai dengan Usianya

Sikap mandiri memang perlu ditanamkan pada anak mulai sejak dini. Hal ini dikarenakan dengan kemandirian akan membuat mereka semakin percaya diri dan pastinya panda dalam melakukan banyak hal. Namun sayangnya banyak orang tua yang melewatkan hal ini dengan berbagai alasan, salah satunya adalah kesibukan orang tua dengan berbagai pekerjaan di luar rumah. Perlua Anda tahu perilaku anak semua itu tergantung lingkungan yang ada di sekitarnya, sedangkan lingkungan terbesar anak adalah rumah. Jika lingkungan baik tentu saja aan membuat perilaku anak semakin baik pula dan yang lainnya. Pernahkah Anda memperhatikan sikap anak yang cenderung penakut dalam melakukan segala hal dalam kesehariannya? Lantas apa yang menjadi penyebabnya? Dalam kasus ini banyak orang tua yang tidak menyadari hal itu. Kondisi tersebut terjadi karena di picu anak tidak memiliki kemandirian. Berbeda dengan anak yang sudah di ajarkan kemandirian sejak kecil tentu akan jauh berbeda. Ketika hal buruk masih dibiarkan tanpa diperhatikan tentu saja akan membuatnya semakin burk hinga dewasa nanti. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi pada anak Anda kan?  Maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini, diantaranya adalah sebagai berikut!

Inilah Tips Melatih Nak Agar hidup Mandiri Sesuai Dengan Usianya

Melatih Anak Mandiri di Usia 1 Tahun
Di usia anak yang masih 1 tahun tentu saja belu dapat memahami akan segala rutinitas setiap harinya. Namun tidak ada salahnya jika Anda sudah mulai menanamkan nilai kemandirian sejak ia masih umur satu tahun seperti ini. Melatih kemandirian pada anak Anda yang masih di usianya 1 tahun, bisa dengan cara seperti misalnya mengajarkan minum susu sendiri, bermain, dan membiasakan makan dan tidur sendiri. Itu semua merupakan sikap mandiri yang dapat Anda ajarkan kepada anak Anda sesuai dengan usianya. Mungkin saat pertama kali memang sangat sulit dan dibutuhkan kesabaran dan perhatian yang ekstra. Namun jika hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan tentu akan sangat baik bagi anak Anda kedepannya dimana sudah dapat mandiri melakukan segala hal dengan sendirinya.

Melatih Anak Mandiri di Usia 2 Tahun
Dalam usia ini mungkin anak udah mulai memiliki kemajuan terhadap hal yang mereka lakukan. Seperti misalnya sudah mulai bisa makan dan pegang sendok sendiri meskipun belum sempurna dan itu semua berkat latihan kemandirian yang Anda ajarkan di saat usia masih satu tahun. Tapi setelah usia yang 2 tahun kemandirian yang dapat Anda ajarkan adalah ajarkan anak untuk dapat mencuci tangan setelah makan atau saat ingin makan. Selain itu latihkan anak Anda untuk dapat menggunakan toilet tapi tetap dalam pengawasan dan mengajarkan untuk dapat menyimpan dan meletakkan barang sesuai dengan tempatnya.

Melatih Anak Mandiri di Usia 3 Tahun
Sedangkan untuk melatihkan kemandirian di usia 3 tahun adalah dengan cara Anda bisa memberikan kebebasan untuk melompat, memegang atau berlari. Mungkin pada saat mencoba akan membuat Anda merasa khawatir tapi biarkan saja itu justru akan meningkatkan kemandirian anak Anda. Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melatih kemadirian anak Anda sampai di usia 3 tahun yang bisa Anda lakukan.

Sekian penjelasan mengenai tips melatih kemandirian anak sesuai dengan usianya yang dapat Anda lakukan.
Baca juga 

http://aduba.co/tanda-kurang-minum-air-putih-yang-sering-diabaikan.
http://aduba.co/daftar-senapan-serbu-tni-dari-produksi-rusia-as-hingga-pindad.
http://aduba.co/peralatan-outdoor-buatan-indonesia.
http://aduba.co/5-tips-membeli-laptop-berkualitas.
http://aduba.co/cara-cepat-menaikan-berat-badan-bayi.
http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok.
http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar